Jumat, 09 November 2012

Apa itu pemrograman web atau pemrograman internet



Apa itu pemrograman web?? Mungkin anda sering mendengar ungkapan itu dari banyak orang yang sering menggunakan internet. Jika diartikan secara sederhana pemrograman web adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat web. Tapi seperti apakah sebenarnya pemrograman web
, dan bahasa apa saya yang bisa digolongkan dalam pemrograman web.
Pemrograman web atau dalam bahasa inggris web programming terdiri dari dua kata yaitu pemrograman dan web. Pemrograman adalah kumpulan instruksi atau perintah tertulis yang dibuat oleh manusia secara logis untuk memerintahkan komputer agar melakukan langkah atau proses tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah. Pemrograman biasanya menghasilkan sebuah perangkat lunak baru yang dapat dijalankan dengan mudah oleh orang lain tanpa harus mengetahui tahapan-tahapan detail dalam melakukan tugas tersebut. Sedangkan kata web, dapat diartikan sebagai halaman atau media informasi yang dapat diakses dengan perangkat lunak browser melalui jaringan komputer atau internet.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pemrograman web adalah proses membuat aplikasi komputer yang dapat digunakan/ditampilkan dengan bantuan browser. Anda bisa lihat contoh hasil pemrograman web seperti Flickr, Gmail, Google Maps, dan juga Facebook.
Dengan Pemrograman web, halaman web yang semula hanya menampilkan informasi, dapat lebih interaktif seperti bisa memberi komentar dan menyimpannya, bisa kirim gambar, bisa melakukan pencarian data, atau dengan kata lain bisa lebih memahami apa yang sedang anda perlukan.
Pemrograman web menghasilkan aplikasi-aplikasi yang memiliki teknologi maju bahkan lebih pesat dari pemrograman lain (pemrograman desktop) karena cakup penggunaannya lebih luas dan lebih efisien baik dari biaya, waktu ataupun lainya.

Cara kerja pemrograman web

Sebelum menjelaskan cara kerja pemrograman web, sebaiknya anda mengetahui tentang HTML bahwa HTML bukan bahasa pemrograman tapi adalah markup language (bahasa penandaan yang terdiri dari TAG). HTML hanya mendeskripsikan bahwa bagian tertentu dalam sebuah halaman web adalah isi yang harus ditampilkan oleh browser dengan cara tertentu.
Bagaimana cara kerja pemrograman web? Secara sederhana pemrograman web hanya dilakukan dengan menyisipkan perintah diantara TAG HTML. Misal :

<html>
<head>
<title>Contoh</title>
</head>
<body>
<?php
   echo date("d/m/Y");
?>
</body>
</html> 
 
Pada saat kita mengakses halaman tersebut, web server langsung merespon apa yang kita minta dengan melakukan proses parsing (membaca isi halaman baris perbaris) dan jika menemukan baris perintah bahasa pemrograman maka web server akan mengeksekusi/menjalankan perintah tersebut dan setelah semua selesai baru akan mengirimkannya ke browser. Contoh diatas web server akan mengirimkan hasil eksekusi baris perintah echo date("d/m/Y") dalam bentuk tanggal dinamis yang diangap sebagai bagian dari HTML yang bersifat statis.

Apa yang dapat dilakukan dengan pemrograman web

  1. Pemrograman web memungkinkan kita dapat membuat halaman web yang dinamis dengan perintah-perintah yang cukup sederhana tapi dapat menghasilkan informasi yang beragam.
  2. Pemrograman web dapat melakukan interaksi sehingga pengguna dapat memperoleh informasi yang sesuai/relevan seperti pencarian, pengiriman data dll.
  3. Pemrograman web dapat dihubungkan dengan berbagai macam basis data/database seperti mysql, oracle, sql server dll

Bahasa pemrograman apa saja yang dapat digunakan untuk pemrograman web

Bisa dikatakan hampir semua bahasa pemrograman dapat digunakan untuk pemrograman web asalkan bahasa pemrograman tersebut bisa bekerja dalam web server dan dapat menciptakan HTML, XHTML, CSS, JavaScript, dan XML. Beberapa bahasa pemrograman web yang populer diantaranya yaitu : PHP, ASP.NET, Ruby on Rails, Perl, ASP classic, Python, dan JSP.

Referensi : www.bsi.ac.id
                 www.coecoek.co.cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar