- KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula
dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule,
jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai
semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang
cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah
informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Selama bertahun-tahun
sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata “komputer”, dan
beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai
komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk
mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau
tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology,
kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai
kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga
digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata
tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan
Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin
hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang
disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana
seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
- JENIS KOMPUTER
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus
yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika
mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang
membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa,
dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat
apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan
kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang
bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa depan
(meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan
ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer “maksud umum”
dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari “maksud umum”
bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru
Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal
sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940
di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel
sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.
- Komputer Benam
Pada sekitar 20 tahun , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk
panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam,
perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri,
otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik
yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas
(dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara
langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah
program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal
sebagai “mikrokontroler” atau “komputer benam” (embedded computer).
Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat
yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi
bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave,
atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh
pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer,
dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat
definisi ini.
- Komputer Pribadi
Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah
istilah untuk komputer yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya
sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lainnya.
Hanya orang-orang tertentu saaja yang memakai istilah ini secara
eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.
- BAGAIMANA KOMPUTER BEKERJA
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti
secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat
Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer
kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan
pada awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan
empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol,
memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O).
Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
- Memori
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti
“sel” atau “lubang burung dara”), masing-masing berisi sepotong kecil
informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada
komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang
diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin
berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja
kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner.
Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan
sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan
angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70
(atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi
yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video,
dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu
sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali – memori
dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan
dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat
dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari
komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah
secara hebat – dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan
air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai
matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu
dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
- Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan,
melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system
komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan
peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan
berkaitan.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit
Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer
modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC –
Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing
Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU),
adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan
aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis
(AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan
isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan
“kerja” yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh
komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali
informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah
itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali
yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya
ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah
perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah
berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
- Input dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari
dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik
(hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari
yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa
seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka
meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang
bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output,
men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai
komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh
sistem pengolah data.
- Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa
manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah
sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami
kebanyakan komputer ialah “menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di
sel 456″, “menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel
013″, dan “jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel
345″.
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor – kode untuk
“menyalin” mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus
yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin
komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk
komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa
pemrograman “tingkat tinggi” yang kemudian diterjemahkan ke dalam
bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter
dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan
bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain,
bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari
detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi).
- Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu
sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU.
Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu
yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam
komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga
listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu
hal utama – mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang
bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang
dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran
ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi
mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana.
Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan,
hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang
sampai komputer dimatikan.
- Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh
komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program
komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan
berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun
2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik.
Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan
untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan
perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, “programmer.”
“Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan
tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat
set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain.” Dewasa ini,
kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus.
Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya,
CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa
saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya.
Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice).
Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara
bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip
bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem
operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
- Sistem operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang
berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh
beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer
akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan
alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem
operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver)
yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin
tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung
- BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
- Perangkat keras
- Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
- Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet.
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer.
- Perangkat Lunak
1. Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware
komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows,
dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur
eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
2. Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya.
- Slot Pada Komputer
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis.
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis.
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD.
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan).
Referensi :
http://www.bsi.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar